Latest News

Manfaat Dan Bahaya Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat Dan Bahaya Coklat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia (Cokelat)

Coklat / Cokelat merupakan jenis makanan ringan yang enak rasanya, banyak disukai oleh anak-anak bahkan orang dewasa pun juga mengkonsumsi cokelat. Banyak jenis coklat maupun bentuk yang sering dikonsumsi, kini coklat juga mudah didapatkan dan juga harga juga ada yang murah sampai harga mahal.



Berikut 22 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh:
Coklat memiliki rasa manis yang khas, sehingga membuat makanan ini hampir dikonsumsi setiap orang di dunia. Sebagian besar kandungan coklat, terdiri dari berbagai jenis zat seperti berikut :
  • 14% kandungan karbohidrat
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemak
  • zat-zat lain, seperti  alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)
Sejumlah kandungan zat dalam coklat yang begitu beragam inilah yang menjadikan coklat baik dikonsumsi dan juga memberikan dampak baik juga bagi kesehatan.
1. Meningkatkan Produksi Insulin
Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang makan cokelat hitam.
2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat anggur.
3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Seorang peneliti dengan John Hopkins pada University School of Medicine. Dalam penelitian, coklat hitam dapat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, kata Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.
4. Menurunkan Berat Badan
Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
5. Proteksi Sinar matahari
Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.
6. Mengatasi Diare
Kabanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada manfaat daun jambu biji. Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.
7. Meningkatkan Intelijen
Jika berada pada situasi proyek kerja, yang cukup memberikan tekanan, ada baiknya untuk mengkonsumsi coklat hitam. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga akan meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Kondisi ini ditemukan oleh para peneliti dari A University of Nottingham, yang  menemukan bahwa minum kokoa kaya flavanol berpengaruh dalam peningkatan  aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan oak tdalam jangka pendek.
8. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis
Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekitar 1 1/2 ons 85% cocoa dark chocolate diberikan kepada sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis setiap hari selama delapan minggu. Dalam studi, yang telah dikirimkan untuk publikasi, para peserta dilaporkan merasa tidak terlalu setelah makan cokelat. Anehnya, tidak ada kenaikan berat badan pada kelompok orang tersebut, menurut peneliti Steve Atkin, PhD. Para peneliti percaya bahwa cokelat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur, namun memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat coklat tersebut.
Selain 8 Manfaat utama di atas , coklat juga berdampak pada kesehatan lain pada tubuh manusia, berikut beberapa di antaranya.
  1. Mencegah penyakit jantung
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Anti depresan
  5. Kandungan lemak rendah
  6. Meningkatkan sirkulasi darah
  7. Menghindari kelelahan kronis
  8. Menghambat penuaan
  9. Coklat meningkatkan kesehatan mata.
  10. Coklat mengurangi risiko kanker.
  11. Coklat dapat menghaluskan kulit.
  12. Coklat membantu kita untuk menurunkan berat badan.
  13. Coklat sangat baik untuk Kesehatan Otak
  14. Anti Depresi
Dampak Mengkonsumsi Coklat Berlebihan
Penelitian pada sekitar wanita umur 48 dan 83 tahun selama 8 tahun, menyimpulkan bahwa konsumsi coklat terlalu sering mengakibatkan dampak tidak baik bagi tubuh. Riset menemukan sekitar 19 sampai 30 gr coklat yang dikonsumsi per pekan dapat mengurangi gagal jantung. Namun mereka yang menyantapnya hampir setiap hari, tidak terlihat keuntungan yang signifikan kepada jantung. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa coklat makanan yang tinggi lemak yang dapat berpengaruh pada bobot tubuh.
Maka dari itu konsumsilah coklat sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak kenikmatan coklatnya saja yang kita rasakan, namun manfaat coklat itu sendiri dapat diperoleh.
sumber:manfaat.co.id
Dan kini bahaya coklat bagi kesehatan tubuh manusia
Bahaya cokelat bagi kesehatan tidak boleh diabaikan walaupun memiliki banyak manfaat. Cokelat adalah makanan favorit semua orang diseluruh dunia, karena kaya dengan nutrisi dan banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi kebanyakan orang hanya tahu tentang manfaatnya saja dibandingkan bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi secara berlebihan.
Berikut 29 Bahaya Coklat Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil
Sudah saatnya anda tahu bahwa cokelat juga bisa menjadi musuh untuk kesehatan tubuh jika dimakan dalam takaran yang terlalu banyak. Inilah bahaya yang harus anda tahu sebagai acuan agar mengkonsumsinya dengan bijak.
1. Menyebabkan kecemasan dan depresi
Makan cokelat dalam takaran wajar (dua sampai tiga potong saja setiap hari) dapat membuat hormon srotonin aktif menyehatkan aliran darah ke otak yang bersifat menenangkan. Tetapi jika dimakan berlebihan yang terjadi justru sebalikknya, hormon serotonin akan meningkat tajam dan mengganggu keseimbangan hormon itu sendiri sehingga memicu perasaan gelisah, khawatir, emosi yang tidak stabil bahkan depresi.
2. Menyebabkan darah tinggi
Cokelat mempunyai kandungan kafein yang tinggi tidak cocok bagi orang yang mempunyai penyakit darah tinggi atau tensi darah yang tidak stabil. Bagi seseorang yang sehat dapat menyebabkan kesulitan tidur (insomnia) dan perasaan selalu gelisah dan berkeringat. Makanlah cokelat sewajarnya!
3. Menyebabkan bobot tubuh naik
Cokelat mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi yang dapat menyebabkan bobot tubuh meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan daalaam jangka panjang akibat yang ditimbulkan adalah anda akan terserang obesitas.
4. Melemahkan kinerja pencernaan
Bahaya cokelat untuk pencernaan juga harus menjadi perhatian anda. Tidak semua orang memiliki sistem pencernaan yang cepat dalam mencerna makanan. Faktor yang membedakan adalah usia, bobot tubuh, daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh. Jika pencernaan anda tergolong lambat dalam mencerna jangan coba coba makan cokelat dalam jumlah banyak jika tidak ingin pencernaan anda semakin melemah. Perlu dicatat , bahwa sebenarnya Cokelat sangat sulit dicerna, tubuh tidak memiliki enzim khusus untuk bisa mencerna cokelat dengan baik.
5. Menyebabkan gigi cepat rusak
Sekuat apapun gigi manusia jika diterjang terus menerus oleh kandungan gula maka enamel gigi akan terkikis dan menjadi tipis dan memicu gigi berlubang.  Karena kadar gula tinggi dapat menyebabkan pembusukan sisa makanan yang ada disela gigi cepat membusuk dan mengandung kuman dan bakteri.
6. Menyebabkan batu ginjal
Cokelat mengandung zat asam Oxalate dan Oksalat yang memicu batu ginjal dan penyumbatan pada aliran darah menuju ginjal.
7. Dapat menyebabkan alergi
Bagi sebagian orang ada yang harus pantang untuk makan cokelat dikarenakan alergi pada zat tertentu yang ada pada cokelat. Jika tetap ingin makan cokelat makanlah secukupnya dan segeralah minum obat anti alergi untuk mencegah tumbuhnya jerawat, sakit kepala, gatal gatal dikulit dan nyeri pada perut.
8. Dapat menyebabkan mual dan muntah
Pada sebagian orang ada yang sistem pencernaan dan lambungnya tidak bisa menerima kandungan zat yang ada pada cokelat, ini berhubungan dengan alergi yang dibawa sejak lahir. Jika tetap ingin mengkonsumsinya maka akibat yang ditimbulkan adalah perut menjadi mual mual dan muntah. Perut menjadi kembung dan merasa tidak nyaman yang pada akhirnya akan menimbulkan demam.
9. Menyebabkan gagal jantung
Cokelat mengandung kadar konsentrasi senyawa flovanoid yang sangat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung, tetapi jika mengkonsumsi lebih dari 30 gram per pekan justru manfaat dari senyawa flavonoid menjadi terbalik berbahaya yaitu dapat menyebabkan gagal jantung.
10. Menyebabkan kadar insulin naik
Mengkonsumsi cokelat berlebih akan menyebabkan Kadar gula pada cokelat mempercepat gula masuk kedalam jaringan tubuh dan meningkatkan jumlah insulin, kondisi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gula mengendap menjadi lemak dan tidak mengalami proses pembakaran agar dapat bermanfaat menjadi energi. Pengendapan gula yang menjadi lemak dapat mengacaukan emosi yang sedang stabil dan menyebabkan perut selalu merasa lapar.
11. Menyebabkan kolesterol tinggi / naik
Umumnya Cokelat mendapat bahan tambahan yang mengandung kolesterol ketika proses pembuatannya. jika Kandungan lemak tinggi yang ada pada cokelat dapat bergabung dengan kolesterol tersebut maka akan meningkatkan kadar lemak darah Trigliserida yang juga berpotensi menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka disarankan makanlah cokelat secara wajar.
12. Menyebabkan migren (sakit kepala sebelah)
Mengkonsumsi cokelat secara berlebihan misalnya diatas  100 gram, akan mengacaukan kinerja hormon esterogen pada wanita yang akhirnya menimbulkan penyempitan aliran darah di kepala yang tidak rata yang menyebabkan munculnya sakit kepala sebelah atau migren.
13. Menyebabkan Sindrom iritasi perut
Ketika menyantap cokelat berlebihan usus kecil tidak bisa menghasilkan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna Laktosa, Cokelat juga menyebabkan mengganggu pencernaan lalu mempengaruhi kinerja usus besar, maka bakteri yang ada dalam tubuh justru akan mengambil alih dan menyebabkan kram perut, mual,muntah, nyeri perut dan menyebabkan diare yang sulit untuk ditahan.
14. Menyebabkan asam lambung naik
Cokelat memang mempunyai cita rasa yang manis tetapi juga bersifat asam yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Bagi yang asam lanmbungnya sudah naik jangan coba coba mengkonsumsi cokelat walauoun cuma sedikit, karena hanya akan membuat kondisi lambung anda semakin nyeri,  kembung, sering buang gas  dan tidak nyaman.
15. Menyebabkan diabetes kehamilan
Khusus bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi cokelat tidak diperbolehkan setiap hari dalam jumlah yang banyak, walaupun manfaat cokelat baik bagi kesehatan janin. Jika mengkonsumsinya berlebihan maka yang terjadi adalah resiko terserang diabetes kehamilan yang diikuti dengan naiknya tekanan darah yang melambung tinggi.
16. Tidak baik dikonsumsi ibu menyusui
Cokelat tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. kadar cafein didalamnya cukup tinggi antara 5 sampai 35 mg didalam 30 gram cokelat. Bayi akan mengalami rewel, sering menangis dan kesulitan untuk tidur.
17. Menyebabkan janin gugur
Pada ibu yang Usia kehamilannya  belum mencapai 20 minggu tidak dianjurkan untk makan cokelat walaupun dalam jumlah sedikit. Karena dapat menyebabkan kematian pada janin yang belum terbentuk dengan organ tubuh yang sempurna dan jika  kondisi janin ternyata baik baik saja ,  namun efek buruknya akan terlihat ketika dilahirkan yaitu bayi mengalami cacat.
Mengkonsumsi Cokelat berlebihan dapat menyebabkan bayi usia diatas satu tahun menderita alergi, dan perlu penanganan dokter karena berhubungan dengan organ organ tubuhnya yang relatif masih rawan, diantaranya:
 1. Menyebabkan sistem pernafasan terganggu
  • Terjadi mimisan atau keluar darah dari rongga hidung
  • Menyebabkan sesak nafas
  • Menyebabkan dada terasa berat dan tertekan
  • Menyebabkan kesulitan bernafas dengan normal karena hidung tersumbat (pilek)
2. Menyebabkan sistem pencernaan terganggu
  • Perut terasa nyeri dan perih
  • Sulit buang air besar
  • Perut kembung
  • Muntah muntah
  • Timbul sariawan
3. Menyebabkan saluran kemih terganggu
  • Nyeri berkepanjangna pada alat kelamin
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Timbul gatal gatal disekitar kemaluan
4. Menyebabkan jaringan mata terganggu
  • Kantung mata berwarna gelap
  • Mata terasa sakit
  • Mata terasa gatal gatal dan berair
  • Menumpuknya tahi mata dalam jumlah banyak disudut mata
  • Timbul bintil bintil kemerahan disekitar tumbuhnya bulu mata
5.  Menyebabkan Susunan saraf pusat terganggu
  • Mudah rewel
  • Sering menangis
  • tubuh merasa tidak nyaman
  • Prilaku menjadi hiperaktif
  • Mudah marah dan tersinggung
  • Mudah cemas
Bahaya cokelat jika anda santap bersamaan dengan makanan lain, diantaranya :
  • Makanlah cokelat tetapi tidak bersamaan dengan produk susu, karena Susu dapat menghambat penyerapan antioksidan didalam tubuh. Bahkan susu mampu menurunkan kualitas dari manfaat cokelat itu sendiri.
  • Makan cokelat setelah makan mie instan atau sebaliknya sebaiknya dihindari, karena lemak pada cokelat mengakibatkan penumpukan kolesterol sedangkan mie instan mempunyai bahan pengawet berbahaya bernama  natrium. Jika kolesterol lemak dari cokelat dan natrium bercampur dalam jumlah berlebihan maka yang terjadi pembuluh darah akan pecah, menimbulkan keracunan dan berakhir dengan kematian.
  • Jangan menyantap cokelat ketika hendak tidur, karena dipastikan akan menyebabkan anda selalu terbangun ditengah malam beberapa kali dan mengalami kesulitan untuk tidur lagi.
Beberapa jenis cokelat dengan kadar bahaya yang berbeda jika dikonsumsi berlebihan
  • Cokelat Couverture
Jenis cokelat ini adalah yang sering dimakan oleh banyak orang karena mempunyai persentase lemak yang tinggi dan memiliki flavor yang tinggi juga, sehingga rasanya lebih gurih dan lezat. Tetapi jika dimakan berlebihan akan menyebabkan kondisi tubuh cepat mendapat serangan gagal jantung, menibgkatnya insulin, meningkatnya kolesterol dan sebagainya.
  • Cokelat tawar
Cokelat ini sering dibuat untuk bahan campuran pembuatan kue, atau makanan lain. Cokelat tawar mempunyai persentase masa kakaoantara 30 sampai 70 persen . Cukup aman untuk dikosumsi tetapi tetap saja tidak dianjurkan berlebihan,
  • Cokelat Susu
Cokelat yang memilki masa kakao yang rendah dan aman dimakan oleh anak anak , tetapi lebih baik lagi jika dikonsumsi dala takaran seimbang. Cokelat ini mengandung banyak susunya ketimbang cokelatnya.
  • Cokelat Cair
Cokelat cair biasa digunakan untuk pembuatan minuman. Mempunyai persentasi kakao sangat tinggi dan kadar gula yang tinggi juga . Ini sangat berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah walaupun dikonsumsi dengan takaran sedikit. Berhati hatilah bagi pengidap hipertensi, lebih baik lupakan cokelat ini!
  • Cokelat putih
Dalam cokelat putih tidak mengandung kako (cokelat) yang tinggi dapat dikonsumsi langsung. Cokelat putih hanya sedikit menggunakan cokelat sebagai bahan dasarnya. Rasa cokelatnya tidak terlalu terasa tetapi tetap saja memiliki kadar gula yang tinggi.
Catatan penting :  Manfaat cokelat memang sangat banyak tapi alangkah baik lagi jika anda mengetahui dampak buruk dari cokelat jika disantap dengan porsi yang tidak tepat. Memahami efek negatifnya lebih baik daripada hanya mengetahui manfaatnya saja.
sumber:halosehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko Bagus | tokobagus Designed by Templateism.com Copyright © 2017

Gambar tema oleh rion819. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Gooyaabi Templates